Anaknegeri: Randall Hartolaksono Penemu Pemadam Api dari Kulit Singkong Diakui Dunia on Kolaborasi Anak Negeri – These searches should lead you to a blog’s guest post guidelines page, guest post submission page, or actual guest posts by other writers.

Author: Anaknegeri
Title: Randall Hartolaksono Penemu Pemadam Api dari Kulit Singkong Diakui Dunia

Randall Hartolaksono, si Penemu Pemadam Api dari Kulit Singkong yang Diakui Dunia tapi Tak Banyak Diliput di Indonesia.

Penemu Formula Kimia Pemadam Api Ramah Lingkungan Siapa yang peduli kulit singkong. Jangankan kulit, dagingnya pun tak banyak mendapat perhatian kaum ilmiawan.

Tapi di tangan Randall Hartolaksono, kulit singkong bisa menjadi bahan anti api kelas dunia.

Randall Hartolaksono, mahasiswa Indonesia jurusan teknik mesin di Universitas London menemukan bahwa saripati kulit singkong bisa memutus reaksi kimia dari proses kebakaran.

Penemuan Randall ini akhirnya diterapkan di berbagai tempat elite seperti Ford, Petronas, hingga Istana Buckingham.

Kebanyakan orang Jawa mungkin sudah sangat kenal dengan yang namanya singkong sebagai makanan pokok kedua setelah nasi. Namun, siapa sangka kalau kulit singkong membawa manfaat di bidang otomotif.

Ide gila ini ditemukan oleh orang Indonesia, yaitu Randall Hartolaksono. Mahasiswa lulusan Teknik Mesin, University of London ini berhasil mengubah sampah yang berasal dari kulit singkong menjadi komponen penting dalma kerangka mobil.

Kulit singkong ini diubahnya menjadi salah satu bahan anti-api dan anti-panas yang digunakan dalam beberapa industri mobil ternama seperti Ford hingga Petronas.

Randall Hartolaksono adalah satu dari sekian ilmuwan yang nasibnya tak terlalu bagus di Indonesia. Ia adalah ilmuwan yang berhasil menciptakan bahan pemadam api kelas dunia yang terbuat dari kulit singkong.

Penemuan bahan anti apinya itu terjadi secara tak sengaja. Saat itu pria Surabaya kelahiran 16 Maret 1956 masih kuliah di jurusan Teknik Mesin Universitas London. Awalnya kulit singkong ia teliti sebagai bahan pelumas engsel robot.

Suatu ketika ia tak sengaja menumpahkan bahan buatannya di atas nyala api. Yang terjadi setelahnya adalah api padam dan Randall merasa takjub. Dari penemuan itu ia mulai mengamati kehebatan kulit singkong dengan dibantu Profesor Evans.

Dari olahan kulit ketela pohon itu Randal berhasil menciptakan cairan pemadam api dari ledakan gas elpiji. Tak mudah baginya untuk menemukan cairan itu, ia harus melakukan riset selama 10 tahun dengan total biaya sebesar Rp10 miliar.

Produk temuan Randall mendapat sertifikat uji standar dari berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Selain itu produknya diakui oleh otoritas negara dan digunakan di gedung strategis, salah satunya adalah Istana Buckingham Inggris.

Meski diakui oleh beberapa negara, produk Randall Hartolaksono tak memenuhi sertifikat uji standar dari Indonesia. Nasib Randall mengingatkan pada ilmuwan Indonesia lain yang berprestasi di kancah dunia.

Selain Randall Hartolaksono, masih banyak ilmuwan hebat lain yang dimiliki Indonesia.



1
2