TABAYYUN merupakan salah satu tradisi umat islam yang dapat dijadikan solusi untuk memecahkan masalah. Tradisi ini digunakan terutama untuk menyelesaikan masalah dalam Masyarakat. Metode TABAYYUN digunakan untuk mengklarifikasi serta menganalisis masalah yang terjadi. dg harapan mendapatkan kesimpulan yang lebih bijak, arif dan lebih tepat sesuai keadaan Masyarakat sekitarnya. (wikipedia)

  • Dalam Islam, mencari kebenaran atau meluruskan suatu hal disebut dg TABAYYUN.

TABAYYUN sendiri menurut bahasa adalah telitilah dulu. Kata tersebut dapat dilihat pada surat Al-Hujurat/49:6. Dalam ayat tersebut dijelaskan :

“jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dg membawa suatu berita penting, maka TABAYYUNlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian”.

Di era sekarang dimana media sosial dapat diakses dg mudah serta informasi yang datang dari segala sumber baik terpercaya atau tidak hal tersebut sangatlah memerlukan TABAYYUN. Sebagai umat islam dan manusia yang memeliki akal sehat, sudah seharusnya kita bisa memfilter serta menelaah informasi atau sebuah permasalahan yang terjadi. Di zaman sekarang ini banyak orang yang mudah terprovokasi serta tersulut emosinya karena suatu persoalan tanpa tau bagaimana akar dan sumber masalahnya. Maka dari itu, berTABAYYUN atau menelaah suatu permasalahan sangat penting untung dilakukan agar tidak terjadi perpecahan.

  • Lalu bagaimana cara Rasullah SAW mencari atau menelaah sebuah masalah? berikut pembahasannya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah melarang seorang sahabat bernama Mu’az bin Jabal yang hendak buru-buru menyebarkan sebuah hadis. Rasul khawatir hadis tersebut disalahpahami oleh Masyarakat, terutama yang belum cukup ilmunya.

1
2
3
4