Tanggal 9 Oktober 2017 bertempat di auditorium LPPOM MUI Prov. Jawa Barat, diadakan diskusi pembahasan mengenai aliran sesat yang berkembang di daerah selatan Jawa Barat tepatnya di daerah Garut Selatan.

Berawal dari banyaknya laporan masyarakat baik kepada pihak MUI Provinsi ataupun kepada pihak MUI Kab. Garut, akhirnya tim MUI Kab. Garut mendapatkan banyak informasi mengenai aliran yang berkembang ini.

Diskusi yang dilakukan oleh pihak MUI Kab. garut dan MUI Prov. Jawa Barat ini dihadiri langsung oleh pihak KANWIL KEMENAG PROVINSI JAWA BARAT akhirnya memberi pencerahan kepada kita tentang aliran Islam Bai’at yang berkembang cukup pesat akhir-akhir ini di daerah selatan Jawa Barat Khususnya Garut Selatan.

Ketua Umum MUI Kab. Garut KH. Sirojul Munir menjelaskan mengenai Islam Bai’at yang berkembang dengan beberapa point yaitu :

1. Aliran Islam Bai’at yang berkembang di garut selatan ini ternyata berasal dari Gerakan DI/NII/TII (Darul Islam/Negara Islam Indonesia/Tentara Islam Indonesia) dan berpusat di Garut Selatan dan Tasikmalaya.

Sebagaimana kita tahu sejarah dari gerakan ini adalah menginginkan berdirinya NKRI dengan yang berdasarkan Islam dan Hukum Islam.

2. Gerakan DI/NII/TII ini pada tahun 1962 pecah menjadi dua kelompok yaitu “Fii Sabilillah” dan “Fillah”. Secara garis besar, kedua dasar pemikirannya tetap sama dan hanya memiliki perbedaan beberapa point saja.

1
2
SOURCEwww.mui-jabar.or.id
CWR-CRB is circulated from all types of information that belongs to International, National news, States news, Bihar news, Sports news, Politics news, Business articles, Entertainment, Technology news, Health advise, Career opportunities etc.