All countries
136,003,010
Covid-19 Statistic
Updated on April 11, 2021 3:15 am
Sunday, April 11, 2021

Cerita Kisah Jenderal TNI Omar Perang Dingin Sama Soeharto Gara-gara Malaysia

Popular

Mayjen TNI Anumerta Donald Isaac Pandjaitan – Pahlawan Revolusi

Beliau salah satu target utama dalam G30S/PKI. Ia masuk sebagai salah satu target untuk dibunuh karena telah berhasil membongkar rahasia pengiriman atau penyelendupan senjata dari Republik Rakyat Cina (RRC) untuk PKI. Senjata di masukan kedalam peti-peti bahan bangunan. Rencananya senjata-senjata ini akan digunakan untuk melakukan pemberontakan.

Melihat Gunung Padang Dari Udara

Inilah Gedung ORIGOM atau yang dikenal dengan Gunung Padang dilihat dari udara. Berbagai Informasi peradaban dari sudut pandang yang berbeda silahkan follow twitter @dickyzainal....

Peradaban dan Gunung Shadu #Part 01

Ternyata Jawa Barat banyak sekali menyimpan peninggalan Kaum Leluhur . Kali ini kita bongkar yang sudah ada di depan mata , hanya terlewatkan....atau dilewatkan...???
00:01:04

This is UFO captured in Lembang , Bandung – Indonesia

This is UFO captured in Lembang , Bandung - Indonesia . Video ini di ambil dari Channel youtube TheKangDicky. Unidentified flying object An unidentified flying object...




Kisah Jenderal TNI Omar Perang Dingin Sama Soeharto Gara-gara Malaysia – Kala itu pada tahun 1965, saat Omar Dhani menjabat sebagai Menteri Panglima Angkatan Udara (sekarang KSAU) mampu membuat Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) menjadi angkatan udara terkuat hingga di kawasan Asia.

Selain itu, ia juga diketahui sudah menduduki jabatan tertinggi di angkatan udara saat baru berusia 38 tahun. Meski dikenal hingga tingkat Asia, ternyata AURI juga dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden Soekarno.

Laksamana Omar Dhani yang memimpin angkatan udara, diketahui sangat loyal terhadap Presiden Soekarno. Karena ia mendukung gerakan Ganyang Malaysia. Tapi gerakan ini justru tidak didukung pemimpin angkatan darat, yang kala itu dipimpin Soeharto.

img: viva.co.id




Tidak begitu menghiraukan yang dilakukan Soeharto, ternyata gerakan ini tetap berjalan pada tanggal 3 Mei 1964. Maka terbentuklah Komando Siaga (Komando Mandala Siaga atau Kolaga), yang dipimpin oleh Lakdya Omar Dhani.

Sementara itu Brigadir Jenderal TNI Achmad Wiranatakoesoemah yang juga merangkap sebagai Kepala Staf Kostrad, dipercayai untuk menjadi wakil Omar Dhani. Kolaga membagi pasukannya menjadi 3 komando, salah satunya berpusat di Kalimantan Barat, dipimpin oleh Brigjen Soepardjo.

Lalu Achmad digantikan Mayjen Soeharto yang merangkap sebagai Panglima Kostrad. Ketika keduanya bertemu dalam satu jajaran operasi militer, maka terjadilah friksi antara Omar Dani dengan Soeharto.

Bahkan saat itu tanpa rasa ragu, Soeharto mengatakan kepada Presiden Soekarno bahwa Omar Dani tidak cocok sebagai Panglima Kolaga. Memang sejak saat itu, keduanya diketahui tidak pernah bisa bersatu dan dapat dibilang terlibat dalam perang dingin.



More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article

‘Grey’s Anatomy’ season 17 episode 11 – Release Date, Watch Online

Grey's Anatomy Season 17 Episode 11 Sorry Doesn't Always Make It Right - Are you ready for an all-new episode of Grey's Anatomy tonight?...

‘Good Trouble’ season 3 episode 8 – Release Date, Watch Online

Good Trouble Season 3 Episode 8 Trust - Are you ready for an all-new episode of Good Trouble tonight? Below is all you need...

‘Queen of the South’ season 5 episode 1 – Release Date, Watch Online

Queen of the South Season 5 Episode 1 Fantasmas - Are you ready for an all-new episode of Queen of the South tonight? Below...

‘The Curse of Oak Island’ season 8 episode 21 – Release Date, Watch Online

The Curse of Oak Island Season 8 Episode 21 Off the Railing - Are you ready for an all-new episode of The Curse of...

‘Chicago Med’ season 6 episode 11 – Release Date, Watch Online

Chicago Med Season 6 Episode 11 Letting Go Only to Come Together - Are you ready for an all-new episode of Chicago Med tonight?...