All countries
42,889,528
Covid-19 Statistic
Updated on October 24, 2020 10:32 pm
Saturday, October 24, 2020

Cerita Kisah Jenderal TNI Omar Perang Dingin Sama Soeharto Gara-gara Malaysia

Popular

Mayjen TNI Anumerta Donald Isaac Pandjaitan – Pahlawan Revolusi

Beliau salah satu target utama dalam G30S/PKI. Ia masuk sebagai salah satu target untuk dibunuh karena telah berhasil membongkar rahasia pengiriman atau penyelendupan senjata dari Republik Rakyat Cina (RRC) untuk PKI. Senjata di masukan kedalam peti-peti bahan bangunan. Rencananya senjata-senjata ini akan digunakan untuk melakukan pemberontakan.

Penemuan Kerangka ‘MAMUT’ di Meksiko – Lambeteja

Kerangka mamut kembali ditemukan di lokasi pembangunan bandara baru Mexico City di pangkalan militer Santa Lucia, Meksiko, Kamis (3/9).

Dengan penemuan tersebut, jumlah kerangka mamut yang ditemukan lokasi pembangunan Bandar Udara Internasional Felipe Angeles, meningkat menjadi setidaknya 200 kerangka.

Ada begitu banyak mamut di lokasi ini sehingga pengamat harus menemani setiap buldoser yang menggali ke dalam tanah untuk memastikan pekerjaan dihentikan ketika tulang mamut ditemukan.

Rumput Bulu Perindu (BP) Wuluh Perindu Mitos dan Pembuktian

Rumput Bulu Perindu (BP) Wuluh Perindu Mitos dan Pembuktian




Kisah Jenderal TNI Omar Perang Dingin Sama Soeharto Gara-gara Malaysia – Kala itu pada tahun 1965, saat Omar Dhani menjabat sebagai Menteri Panglima Angkatan Udara (sekarang KSAU) mampu membuat Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) menjadi angkatan udara terkuat hingga di kawasan Asia.

Selain itu, ia juga diketahui sudah menduduki jabatan tertinggi di angkatan udara saat baru berusia 38 tahun. Meski dikenal hingga tingkat Asia, ternyata AURI juga dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden Soekarno.

Laksamana Omar Dhani yang memimpin angkatan udara, diketahui sangat loyal terhadap Presiden Soekarno. Karena ia mendukung gerakan Ganyang Malaysia. Tapi gerakan ini justru tidak didukung pemimpin angkatan darat, yang kala itu dipimpin Soeharto.

img: viva.co.id




Tidak begitu menghiraukan yang dilakukan Soeharto, ternyata gerakan ini tetap berjalan pada tanggal 3 Mei 1964. Maka terbentuklah Komando Siaga (Komando Mandala Siaga atau Kolaga), yang dipimpin oleh Lakdya Omar Dhani.

Sementara itu Brigadir Jenderal TNI Achmad Wiranatakoesoemah yang juga merangkap sebagai Kepala Staf Kostrad, dipercayai untuk menjadi wakil Omar Dhani. Kolaga membagi pasukannya menjadi 3 komando, salah satunya berpusat di Kalimantan Barat, dipimpin oleh Brigjen Soepardjo.

Lalu Achmad digantikan Mayjen Soeharto yang merangkap sebagai Panglima Kostrad. Ketika keduanya bertemu dalam satu jajaran operasi militer, maka terjadilah friksi antara Omar Dani dengan Soeharto.

Bahkan saat itu tanpa rasa ragu, Soeharto mengatakan kepada Presiden Soekarno bahwa Omar Dani tidak cocok sebagai Panglima Kolaga. Memang sejak saat itu, keduanya diketahui tidak pernah bisa bersatu dan dapat dibilang terlibat dalam perang dingin.



More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article

The Walking Dead: World Beyond ‘S1/E4’ Season 1 episode 4 Release Date, Watch Online

The Walking Dead: World Beyond Season 1 Episode 4 The group seeks shelter from a storm inside an abandoned high school; while re-supplying, they imagine what high school life was once like and encounter new threats both living and dead.

Fear the Walking Dead ‘S6/E3’ Season 6 episode 3 Release Date, Watch Online

The upcoming episode is called ‘Alaska’. And here is its official synopsis as outlined by AMC: “Al and Dwight go rogue on a recon mission for Ginny to follow a lead thought lost, but Al must choose between what she has now and what she’s chasing.” You can watch its full below:

Diduga Senjata OPM Dibeli dari Anggota Brimob

Diduga Senjata OPM Tembaki TNI Dibeli dari Anggota Brimob - Sebuah fakta mengejutkan baru saja terkuak terkait semakin brutal kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam melakukan penyerangan terhadap basis-basis dan konsentrasi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) di berbagai tempat di Papua.

Barbarians ‘S1/E1’ Season 1 episode 1 Release Date, Watch Online

The Vikings were renowned as vicious warriors, but savage in-fighting among their own clans spurred them to strike out across the seas, seeking plunder and new lands.

TIJ BONGKAR KEBOHONGAN GUS IDRIS – GEREBEK DUKUN SANTET

TIJ BONGKAR KEBOHONGAN GUS IDRIS - GEREBEK DUKUN SANTET Sedang Hangat Perseteruan Youtuber Horror Mengungkap keaslian tentang video Gus Idris, TIJ (Teuku Iqbal Johard) Youtuber...