Neuro-linguistic programming (NLP) adalah pendekatan pseudoscientific untuk komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang dibuat oleh Richard Bandler dan John Grinder di California, Amerika Serikat, pada 1970-an.

Pencipta NLP mengklaim ada hubungan antara proses neurologis (neuro-), bahasa (linguistik) dan pola perilaku yang dipelajari melalui pengalaman (pemrograman), dan ini dapat diubah untuk mencapai tujuan tertentu dalam hidup.

Bandler dan Grinder juga mengklaim bahwa metodologi NLP dapat “memodelkan” keterampilan orang-orang luar biasa, memungkinkan siapa pun untuk memperoleh keterampilan tersebut.

Mereka juga mengklaim bahwa, seringkali dalam satu sesi, NLP dapat mengobati masalah seperti fobia , depresi, gangguan tic, penyakit psikosomatik, rabun jauh, alergi, flu biasa, dan gangguan belajar.

NLP telah diadopsi oleh beberapa hipnoterapis dan juga oleh perusahaan yang menyelenggarakan seminar yang dipasarkan sebagai pelatihan kepemimpinanuntuk bisnis dan instansi pemerintah.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim yang dibuat oleh pendukung NLP, dan telah didiskreditkan sebagai pseudosains .

Tinjauan ilmiah menyatakan bahwa NLP didasarkan pada metafora usang tentang bagaimana otak bekerja yang tidak konsisten dengan teori neurologis saat ini dan mengandung banyak kesalahan faktual.

Ulasan juga menemukan bahwa semua dari penelitian pendukung NLP mengandung kelemahan metodologis yang signifikan dan bahwa ada tiga kali lebih banyak penelitian dengan kualitas yang jauh lebih tinggi yang gagal mereproduksi “klaim luar biasa” yang dibuat oleh Bandler, Grinder, dan praktisi NLP lainnya. (sumber: wikipedia.org)

NLP adalah singkatan dari kata Neuro Linguistic Programming.
– Neuro = Saraf, sistem saraf otak dan saraf seluruh tubuh kita.
– Linguistic = Bahasa, baik verbal maupun non verbal
– Programming = memprogram

Yakni ilmu yang mempelajari struktur perilaku manusia, mempelajari bagaimana bahasa mampu mempengaruhi paradigma, cara berpikir dan perilaku kita sehari-hari.

Natural Language Processing (NLP) Dalam Bagasa Komputer

NLP dalam pelajaran komputer yang di garis bawahi sebagai Kecerdasan Buatan, Jurusan IT pasti memahami tentang ini.

Pemrosesan bahasa alami (atau disingkat NLP) mengacu pada teknologi yang memungkinkan komputer memahami bahasa manusia.

1
2
CWR-CRB is circulated from all types of information that belongs to International, National news, States news, Bihar news, Sports news, Politics news, Business articles, Entertainment, Technology news, Health advise, Career opportunities etc.